A. Pengertian
masalah
1. Masalah
yaitu timbul ketika adanya tantangan, adanya kesangsian atau kebingungan kita
terhadap suatu hal atau fenomena, adanya celah baik antarkegiatan atau
antarfenomena. (Moh. Nazir, Ph. D : 2003).
2. Masalah
adalah perbedaan apa yang kita miliki, jadi, bila kenyataan yang kita hadapi
tidak identik /sama dengan yang kita harapkan. (Internet).
3. Menurut
Richard Carlson masalah adalah tempat terbaik untuk berlatih agar hati kita
tetap terbuka, karena masalah adalah bagian dari kehidupan kita. (Internet).
4. Kesimpulannya adalah masalah merupakan suatu
hal atau fenomena yang tidak sesuai dengan yang kita harapkan yang memungkinkan
untuk diteliti.
B. Contoh
masalah dalam PAUD
1. Perkembangan
Aud
1) Bahasa
2) Kognitif
3) Motorik
4) sosial-emosional
5) Nilai
Moral dan Agama
v Masalah
pada perkembangan bahasa yaitu masalah lisan dan tulisan, anak menerima dan
mengekspresikan bahasa dengan cara yang unik dan bersifat individual. Perbedaan
tersebut meliputi kosa kata dan intonasi suara yang digunakan anak. Penerimaan
dan pengekspresian bahasa terjadi dengan kecepatan yang berbeda. Dan menulis
lebih lama dibandingkan menyimak, berbicara, dan membaca.
v Masalah
pada perkembangan kognitif adalah masalah intelegensi,. apabila kognitif tinggi
maka intelegensi tinggi pula. Dan juga terletak pada masalah dalam
menyelesaikan tugas-tugas yang menyangkut pemahaman dan penalaran. Menurut
Alfret Binet, terdapat tiga aspek kemampuan dalam intelegensi, yaitu
kosentrasi, adaptasi, dan bersikap kritis.
v Masalah
perkembangan motorik yaitu otot besar dan otot halusnya, padamasa kanak-kanak
khususnya KB/PG keterampilan motorik kasarnya meningkat secara dramatis dan
keterampilan motorik halus akan meningkat secara cepat seiring dengan
pertambahan usia, sehiingga pada waktu diberi tes akan terlihat bagian motorik
belum sempurna sebagaimana manusia dewasa. Dan kebanyakan gerakan mereka masih
mencari gerakan yang tepat untuk melakukan suatu gerakan tertentu dan masih
belum terkoordinasi dengan sempurna.
v Masalah
pada perkembangan sosial emosional yaitu ketika berkomunikasi dengan teman
sebaya dan juga mudah terbawa oleh emosi belum cukup sempurna.
v Masalah
pada perkembangan moral dan agama yaitu ketika bergaul dengan orang lain belum
bisa menentukan mana yang boleh dikerjakan dan mana yang tidak boleh
dikerjakan.
2. Profesi
Guru Paud
v Masalah
kinerja yang dihadapi oleh guru paud adalah tidak cocok dengan jurusan
lulusannya, pendidik Paud seharusnya mempunyai
ijazah serendah-rendahnya D-II Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak (PGTK)
atau berijazah S-1 PAUD atau Psikologi.
v Dan
juga harus memliki keterampilan dan wawasan tentang Pendidikan Anak Usia Dini.
3. Kelembagaan
paud
v TPA,
KB, dan TK
a. Kepala
sekolah
Masalah yang ada pada
kepala sekolah yaitu tidak memiliki kemampuan dalam mengelola sekolah, tidak
memliki kemampuan kepemimpinan dan kewirausahaan dibidang pendidikan, dan tidak
menguasai program pembelajaran TPA yang berlaku.
b. Sarana
Prasarana
Masalah yang ada pada
sarana prasarana yaitu :
1. Kurangnya
fasilitas buku-buku cerita.
2. Alat-alat
peraga disetiap area sangat sedikit, sehingga anak-anak ketika bermain saling
berebutan.
3. Tidak
ada bentuk boneka tangan.
4. Dan
kurangnya alat tulis dan papan tulis.
c. Pembiyaan
Masalah yang dihadapi
oleh lembaga yaitu berkurangnya biaya ketika ingin melengkapi fasilitas
lembaga. Karena Yayasan /Badan/Perorangan tidak bertanggung jawab atas lembaga
itu, dan membiarkan lembaga itu mandiri. Kemudian Pemerintah Daerah/Pusat tidak
memberi bantuan dana yang diperuntukkan untuk kepentingan PAUD. Dan tidak ada
kesadaran orang tua untuk membayar uang SPP.
d. Lingkungan
Masalah yang ada di
lingkungan adalah tidak terciptanya suasana rasa aman kepada anak untuk belajar.
Sehingga anak merasa takut terhadap lembaga tersebut. Dan suasana didalam
ruangan tidak mendukung untuk belajar, dan tidak lengkapnya fasilitas diluar
ruangan.
C. Pengertian
variabel
Variabel adalah segala sesuatu yang
akan menjadi objek pengamatan dan penelitian.
Variabel penelitian dibedakan
menjadi
1. Variabel
bebas (penyebab)
2. Variabel
moderator
3. Variabel
kontrol
4. Vaiabel
intervering
Jenis-jenis
variabel
1. Variabel
devenden
Yang menjadi perhatian
utama dalam sebuah pengamatan/penelitian
2. Variabel
indevenden
Yang dapat mempengaruhi
perubahan dalam variabel dependen
3. Variabel
moderating
Yang mempunyai
dampak kontijensi yang kuat pada
hubungan variabel indevenden dan dependen
4. Variebel
intervening
Yang mempengaruhi
hubungan antar variabel indevenden dan devenden menjadi hubungan tidak
langsung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar