Selasa, 01 Januari 2013

Tugas Mandiri

Tugas Mandiri
A.    Pengertian masalah
1.      Masalah yaitu timbul ketika adanya tantangan, adanya kesangsian atau kebingungan kita terhadap suatu hal atau fenomena, adanya celah baik antarkegiatan atau antarfenomena. (Moh. Nazir, Ph. D : 2003).
2.      Masalah adalah perbedaan apa yang kita miliki, jadi, bila kenyataan yang kita hadapi tidak identik /sama dengan yang kita harapkan. (Internet).
3.      Menurut Richard Carlson masalah adalah tempat terbaik untuk berlatih agar hati kita tetap terbuka, karena masalah adalah bagian dari kehidupan kita. (Internet).
4.       Kesimpulannya adalah masalah merupakan suatu hal atau fenomena yang tidak sesuai dengan yang kita harapkan yang memungkinkan untuk diteliti.
B.     Contoh masalah dalam PAUD
1.      Perkembangan Aud
1)   Bahasa
2)   Kognitif
3)   Motorik 
4)   sosial-emosional 
5)   Nilai Moral dan Agama

v  Masalah pada perkembangan bahasa yaitu masalah lisan dan tulisan, anak menerima dan mengekspresikan bahasa dengan cara yang unik dan bersifat individual. Perbedaan tersebut meliputi kosa kata dan intonasi suara yang digunakan anak. Penerimaan dan pengekspresian bahasa terjadi dengan kecepatan yang berbeda. Dan menulis lebih lama dibandingkan menyimak, berbicara, dan membaca.
v  Masalah pada perkembangan kognitif adalah masalah intelegensi,. apabila kognitif tinggi maka intelegensi tinggi pula. Dan juga terletak pada masalah dalam menyelesaikan tugas-tugas yang menyangkut pemahaman dan penalaran. Menurut Alfret Binet, terdapat tiga aspek kemampuan dalam intelegensi, yaitu kosentrasi, adaptasi, dan bersikap kritis.
v  Masalah perkembangan motorik yaitu otot besar dan otot halusnya, padamasa kanak-kanak khususnya KB/PG keterampilan motorik kasarnya meningkat secara dramatis dan keterampilan motorik halus akan meningkat secara cepat seiring dengan pertambahan usia, sehiingga pada waktu diberi tes akan terlihat bagian motorik belum sempurna sebagaimana manusia dewasa. Dan kebanyakan gerakan mereka masih mencari gerakan yang tepat untuk melakukan suatu gerakan tertentu dan masih belum terkoordinasi dengan sempurna.
v  Masalah pada perkembangan sosial emosional yaitu ketika berkomunikasi dengan teman sebaya dan juga mudah terbawa oleh emosi belum cukup sempurna.
v  Masalah pada perkembangan moral dan agama yaitu ketika bergaul dengan orang lain belum bisa menentukan mana yang boleh dikerjakan dan mana yang tidak boleh dikerjakan.
2.      Profesi Guru Paud
v  Masalah kinerja yang dihadapi oleh guru paud adalah tidak cocok dengan jurusan lulusannya, pendidik Paud seharusnya mempunyai  ijazah serendah-rendahnya D-II Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak (PGTK) atau berijazah S-1 PAUD atau Psikologi.
v  Dan juga harus memliki keterampilan dan wawasan tentang Pendidikan Anak Usia Dini.
3.      Kelembagaan paud
v  TPA, KB, dan TK
a.       Kepala sekolah
Masalah yang ada pada kepala sekolah yaitu tidak memiliki kemampuan dalam mengelola sekolah, tidak memliki kemampuan kepemimpinan dan kewirausahaan dibidang pendidikan, dan tidak menguasai program pembelajaran TPA yang berlaku.
b.      Sarana Prasarana
Masalah yang ada pada sarana prasarana yaitu :
1.      Kurangnya fasilitas buku-buku cerita.
2.      Alat-alat peraga disetiap area sangat sedikit, sehingga anak-anak ketika bermain saling berebutan.
3.      Tidak ada bentuk boneka tangan.
4.      Dan kurangnya alat tulis dan papan tulis.
c.       Pembiyaan
Masalah yang dihadapi oleh lembaga yaitu berkurangnya biaya ketika ingin melengkapi fasilitas lembaga. Karena Yayasan /Badan/Perorangan tidak bertanggung jawab atas lembaga itu, dan membiarkan lembaga itu mandiri. Kemudian Pemerintah Daerah/Pusat tidak memberi bantuan dana yang diperuntukkan untuk kepentingan PAUD. Dan tidak ada kesadaran orang tua untuk membayar uang SPP.
d.      Lingkungan
Masalah yang ada di lingkungan adalah tidak terciptanya suasana rasa aman kepada anak untuk belajar. Sehingga anak merasa takut terhadap lembaga tersebut. Dan suasana didalam ruangan tidak mendukung untuk belajar, dan tidak lengkapnya fasilitas diluar ruangan.






C.     Pengertian variabel
Variabel adalah segala sesuatu yang akan menjadi objek pengamatan dan penelitian.
Variabel penelitian dibedakan menjadi
1.      Variabel bebas (penyebab)
2.      Variabel moderator
3.      Variabel kontrol
4.      Vaiabel intervering
Jenis-jenis variabel
1.      Variabel devenden
Yang menjadi perhatian utama dalam sebuah pengamatan/penelitian
2.      Variabel indevenden
Yang dapat mempengaruhi perubahan dalam variabel dependen
3.      Variabel moderating
Yang mempunyai dampak  kontijensi yang kuat pada hubungan variabel indevenden dan dependen
4.      Variebel intervening
Yang mempengaruhi hubungan antar variabel indevenden dan devenden menjadi hubungan tidak langsung.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar